Rabu, 06 November 2019

Teknologi Informasi dan Komunikasi tentang Perekonomian Nasional


Hallo semuanya..
Disini saya ingin membuat penulisan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi tentang Perekonomian Nasional didalamnya bisa berisi E-government, E-business, E-learning, E-healt, E-employment (E-workers, E-employers), E-environtment, E-agriculture dan E-sciense. Tetapi disini saya mengambil tema E-learning, jadi saya nantinya akan menjelaskan website perusahaan yang bertema E-learning, terus apa saja website yang termasuk E-learning dan masih banyak lagi yang akan dibahas untuk menganalisa website tersebut.

Sebelum masuk ke pembahasan inti, disini saya akan menjabarkan tentang isi dari :
·       E-Government
E-Government adalah Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Atau E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.

·       E-Business
E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Contoh dari e-business misalnya pembelian barang secara online melalui http://www.tokopedia.com. Dari proses pemesanan barang, konfirmasi pembayaran, hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang tersebut sudah sampai kepada customer dilakukan secara elektronik.

·       E-Learning
E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

·       E-Health
E-health adalah istilah yang relatif baru untuk praktek kesehatan yang didukung oleh proses elektronik dan komunikasi. Penggunaan istilah bervariasi:. sebagian orang akan berpendapat itu dipertukarkan dengan informatika kesehatan dengan definisi yang luas meliputi proses elektronik / digital dalam kesehatan, sementara yang lain menggunakannya dalam arti sempit dari praktek perawatan kesehatan menggunakan Internet. Hal ini juga dapat mencakup aplikasi kesehatan dan link pada ponsel, disebut sebagai m-kesehatan atau e-Health.

·       E-Employment
E-employment adalah suatu hal yang berhubungan semuanya dengan kerja, entah itu pekerjaannya, tempat kerjanya, lapanga kerjanya, lamaran kerja dan lain-lainnya. Jadi Employment selalu berhubungan dengan pekerjaan. E-Employment adalah suatu hubungan yang memanfaatkan teknologi dengan memanfaatkan sebuah jaringan internet ataupun media social yang berkaitan dengan kerja, baik lapangan kerja, tenaga kerja dll yang memberikan informasi melalui teknologi tersebut.

·       E-Environtment
E-Environment (elektronik environment) merupakan pengembangan teknologi dan informasi guna melestarikan lingkungan. Keuntungan dari e-Environment adalah bisa membantu melestarikan lingkungan yang ada di negara ini, dapat mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah dan dapat ikut serta dalam program pelestarian alam.

·       E-Agriculture
E-Agriculture atau E-Agribusiness sendiri diambil dari definisi e (electronic) dalam konsep Information and Communication Technology (ICT), yaitu kegiatan pertanian atau agribisnis yang memanfaatkan keunggulan ICT seperti komputer, internet, piranti lunak (softwares) dan piranti keras (hardwares), radio, televisi dan perangkat IT lainnya, serta orang yang mengoperasikan ICT tersebut. Aplikasi e-Agriculture atau e-Agribusiness dapat dilakukan di semua aktivitas pertanian mulai dari kegiatan di hulu (proses produksi) sampai pada di hilir (pemasaran hasil). FAO telah memanfaatkan ICT di kegiatan network, publikasi, database dan pembuatan Web. Sebuah konsep infomasi manajeman pertanian (E-Agriculture) yang memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah ada guna membantu memecahkan dan mengatur keseimbangan produksi tanaman holtikultura dengan pemanfaatan Geografic Information System (GIS).

·       E-Science
E-Science adalah sebuah system dengan memanfaatkan suatu teknologi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan baik berupa informasi, metode dan penelitian yang berguna untuk pengembangan dalam suatu pembelajaran.

Penjelasan diatas merupakan penerapan dari Teknologi Informasi dan Komuniksi, selanjutnya disini saya membahas tentang website yang saya Analisa yaitu situs Ruang Guru atau situs Website yang lagi trending pada kebanyakan anak sekolah. Di era modern seperti sekarang ini perkembangan teknologi semakin cepat dan canggih membuat semua orang mudah untuk mendapatkan atau menyebarkan informasi, berdiskusi dan saling berbagi pikiran antara satu orang dengan yang lain. Salah satunya yaitu telepon pintar. Di dalam telepon pintar terdapat aplikasi untuk mempermudah mencari informasi, selain itu juga dapat dilakukan untuk belajar. Selanjutnya disini saya akan menjelaskan beberapa tentang Ruang Guru.


 
Situs ruang guru merupakan program dari perusahaan yang digunakan untuk bimbingan belajar online, isi didalamnya mulai dari video belajar, latihan soal, les privat, tryout, semua dapat diakses melalui smartphone. Konten yang tersedia untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP sampai SMA dengan kurikulum nasional dan dirancang oleh pengajar terbaik. Situs ruang guru ini merupakan berbasis online dan berbayar karena rancangannya dibuat bagus dan mempermudah pengguna dalam pemakaiannya. Ruang guru ini bisa dipakai dimana saja dan kapan saja dengan puluhan ribu video beranimasi, ratusan ribu latihan soal dan rangkuman berinfografis yang dipersiapkan dan diajarkan oleh Master Teacher terbaik.

Fitur-fitur yang ada di Ruang Guru :
1.     Video Belajar Beranimasi
Kumpulan puluhan ribu video belajar beranimasi yang diajarkan oleh Master Teacher terbaik. Video bisa di-download supaya bisa tonton berulang-ulang tanpa kuota.

2.     Latihan Soal dan Pembahasan
Untuk mempertajam pemahamanmu lewat lebih dari ratusan ribu latihan soal dan pembahasan dari berbagai tingkat kesulitan (termasuk HOTS). Nilai langsung keluar dan ada pembahasannya juga.

3.     Rangkuman Berinfografis
Rangkuman dari setiap materi disajikan menarik secara visual dan dapat diunduh sebagai bahan untuk belajar.


4.     ruangbelajar for Desktop
Selain lewat smartphone, ruang guru juga dapat diakses computer.

Beberapa fitur sudah disebutkan diatas, ada tambahan fitur baru juga didalam nya yaitu Live Teaching. Live Teaching adalah proses pembelajaran dengan menyiarkan secara pemaparan dari guru melalui aplikai.

Didalam ruang guru juga terdapat Smart Recommendation, Ruangguru Adventure, dan Social Learning yang fungsinya bisa dipahami dengan penjelasan pada dibawah ini :
·       Smart Recommendation
Secara otomatis mendeteksi kelemahanmu dan merekomendasikan materi belajar yang sesuai dengan kebutuhanmu. Belajar menjadi jauh lebih efektif dan efisien.
·       Ruangguru Adventure
Untuk mengumpulkan poin dengan cara menonton video dan mengerjakan soal sebanyak-banyaknya! Bisa tukarkan poin dengan beragam digital items menarik.
·       Social Learning
Berinteraksi dan berdiskusi mengenai pelajaran sekolah dengan pengguna lainnya di dalam aplikasi! Kamu juga bisa berinteraksi dengan guru lewat pengajaran langsung yang dapat disaksikan di dalam aplikasi.


Tambahan menarik yang ada di Ruang Guru :
·       Digitalbootcamp -> Belajar intensif bersama tutor standby melalui grup chat dengan teman belajar se-Indonesia.
·       Ruangles -> Meningkatkan kemampuan lewat belajar privat dengan guru terbaik di bidang pilihan Ruang Guru.
·       Brain Academy -> Bimbel yang beda, dengan adanya kombinasi bimbel offline dan online dengan guru terbaik.
·       Ruanglesonline -> Konsultasi via live chat dengan tutor terbaik yang akan membantu kamu membahas semua soal maupun pertanyaanmu dalam hitungan menit.


Beberapa Tampilan Website Ruang Guru 
1    Tampilan Home (Halaman Utama) :


Halaman Promo Bimbel Online :


Halaman Cara Bayar :


Halaman Tentang Kami :


Halaman Produk Kami :




Halaman Ruang Baca :


Halaman Bimbel Online :



Halaman Bantuan :


Halaman Masuk :

 


Halaman Daftar :


Beberapa Kelebihan dari Ruang Guru, yaitu :
·       Video belajar dengan menggunakan animasi
·       Guru atau tutor yang interaktif
·       Tersedia materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru
·       Dapat berinteraksi dengan tutor berpengalaman via chatting
·       Aplikasinya mudah digunakan di mana pun dan kapan pun
·       Guru-guru yang berkualitas bisa diakses secara online
·       Murid juga bisa memberi feedback untuk cara mengajar dan kinerja aplikasi ini

Penjelasan diatas merupakan kelebihannya dari Ruang Guru, selain kelebihan Ruang Guru juga pasti punya kekurangannya, antara lain :
·       Kontennya warna warni ngga fokus colour brandingnya apa
·       Belum banyak yang tau
·       Aplikasinya lumayan besar sizenya
·       Belum banyak sales agentnya

Sebenarnya aplikasi ataupun website E-learning masih banyak lagi, jadi tidak hanya Ruang Guru. Contohnya seperti Quipper, Zenius dan sebagainya. Pemakaian aplikasi atau  website ini tergantung dengan sesuaian selera pemakai, jadi aplikasi tidak dipandang bagus atau jeleknya tetapi nyaman dengan yang dipakai. Aplikasi atau Website Ruang Guru ini merupakan aplikasi berbayar, maka dari itu ini digunakan sebagai bisnis perusahaan dalam mencari keuntungan dengan memanfaatkan teknologi. Itu saja yang bisa saya Analisa ataupun Jelaskan bila tidak begitu lengkap informasinya bisa mencari tahu diberbagai info lainnya lagi.

Selamat Membaca dan Terima kasih sudah membacanya…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar