Hallo semuanya..
Disini
saya ingin membuat penulisan tentang Teknologi
Informasi dan Komunikasi tentang Perekonomian Nasional didalamnya bisa
berisi E-government, E-business, E-learning, E-healt, E-employment (E-workers,
E-employers), E-environtment, E-agriculture dan E-sciense. Tetapi disini saya
mengambil tema E-learning, jadi saya nantinya akan menjelaskan website
perusahaan yang bertema E-learning, terus apa saja website yang termasuk
E-learning dan masih banyak lagi yang akan dibahas untuk menganalisa website
tersebut.
Sebelum masuk ke pembahasan inti, disini saya akan
menjabarkan tentang isi dari :
· E-Government
E-Government
adalah Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang
berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di
lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi. Atau E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh
pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan
bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government
dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk
meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses
kepemerintahan yang demokratis.
·
E-Business
E-business
adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan
teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan
suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Contoh dari e-business misalnya
pembelian barang secara online melalui http://www.tokopedia.com. Dari proses
pemesanan barang, konfirmasi pembayaran, hingga konfirmasi bahwa pengiriman
barang tersebut sudah sampai kepada customer dilakukan secara elektronik.
·
E-Learning
E-learning
merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses
belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai
sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
·
E-Health
E-health
adalah istilah yang relatif baru untuk praktek kesehatan yang didukung oleh
proses elektronik dan komunikasi. Penggunaan istilah bervariasi:. sebagian
orang akan berpendapat itu dipertukarkan dengan informatika kesehatan dengan
definisi yang luas meliputi proses elektronik / digital dalam kesehatan,
sementara yang lain menggunakannya dalam arti sempit dari praktek perawatan
kesehatan menggunakan Internet. Hal ini juga dapat mencakup aplikasi kesehatan
dan link pada ponsel, disebut sebagai m-kesehatan atau e-Health.
·
E-Employment
E-employment
adalah suatu hal yang berhubungan semuanya dengan kerja, entah itu
pekerjaannya, tempat kerjanya, lapanga kerjanya, lamaran kerja dan
lain-lainnya. Jadi Employment selalu berhubungan dengan pekerjaan. E-Employment
adalah suatu hubungan yang memanfaatkan teknologi dengan memanfaatkan sebuah
jaringan internet ataupun media social yang berkaitan dengan kerja, baik
lapangan kerja, tenaga kerja dll yang memberikan informasi melalui teknologi
tersebut.
·
E-Environtment
E-Environment
(elektronik environment) merupakan pengembangan teknologi dan informasi guna
melestarikan lingkungan. Keuntungan dari e-Environment adalah bisa membantu
melestarikan lingkungan yang ada di negara ini, dapat mempromosikan kekayaan alam
yang dimiliki oleh masing-masing daerah dan dapat ikut serta dalam program
pelestarian alam.
·
E-Agriculture
E-Agriculture
atau E-Agribusiness sendiri diambil dari definisi e (electronic) dalam konsep
Information and Communication Technology (ICT), yaitu kegiatan pertanian atau
agribisnis yang memanfaatkan keunggulan ICT seperti komputer, internet, piranti
lunak (softwares) dan piranti keras (hardwares), radio, televisi dan perangkat
IT lainnya, serta orang yang mengoperasikan ICT tersebut. Aplikasi e-Agriculture
atau e-Agribusiness dapat dilakukan di semua aktivitas pertanian mulai dari
kegiatan di hulu (proses produksi) sampai pada di hilir (pemasaran hasil). FAO
telah memanfaatkan ICT di kegiatan network, publikasi, database dan pembuatan
Web. Sebuah konsep infomasi manajeman pertanian (E-Agriculture) yang
memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah ada guna membantu memecahkan dan
mengatur keseimbangan produksi tanaman holtikultura dengan pemanfaatan
Geografic Information System (GIS).
·
E-Science
E-Science
adalah sebuah system dengan memanfaatkan suatu teknologi yang berkaitan dengan
ilmu pengetahuan baik berupa informasi, metode dan penelitian yang berguna
untuk pengembangan dalam suatu pembelajaran.
Penjelasan
diatas merupakan penerapan dari Teknologi Informasi dan Komuniksi, selanjutnya
disini saya membahas tentang website yang saya Analisa yaitu situs Ruang Guru atau situs Website yang lagi
trending pada kebanyakan anak sekolah. Di era modern seperti sekarang ini
perkembangan teknologi semakin cepat dan canggih membuat semua orang mudah
untuk mendapatkan atau menyebarkan informasi, berdiskusi dan saling berbagi
pikiran antara satu orang dengan yang lain. Salah satunya yaitu telepon pintar.
Di dalam telepon pintar terdapat aplikasi untuk mempermudah mencari informasi,
selain itu juga dapat dilakukan untuk belajar. Selanjutnya disini saya akan
menjelaskan beberapa tentang Ruang Guru.
Situs
ruang guru merupakan program dari perusahaan yang digunakan untuk bimbingan
belajar online, isi didalamnya mulai dari video belajar, latihan soal, les
privat, tryout, semua dapat diakses melalui smartphone. Konten yang tersedia untuk
berbagai jenjang mulai dari SD, SMP sampai SMA dengan kurikulum nasional dan
dirancang oleh pengajar terbaik. Situs ruang guru ini merupakan berbasis online
dan berbayar karena rancangannya dibuat bagus dan mempermudah pengguna dalam
pemakaiannya. Ruang guru ini bisa dipakai dimana saja dan kapan saja dengan
puluhan ribu video beranimasi, ratusan ribu latihan soal dan rangkuman
berinfografis yang dipersiapkan dan diajarkan oleh Master Teacher terbaik.
Fitur-fitur yang ada di
Ruang Guru :
1.
Video Belajar Beranimasi
Kumpulan
puluhan ribu video belajar beranimasi yang diajarkan oleh Master Teacher
terbaik. Video bisa di-download supaya bisa tonton berulang-ulang tanpa kuota.
2.
Latihan Soal dan Pembahasan
Untuk
mempertajam pemahamanmu lewat lebih dari ratusan ribu latihan soal dan
pembahasan dari berbagai tingkat kesulitan (termasuk HOTS). Nilai langsung
keluar dan ada pembahasannya juga.
3.
Rangkuman Berinfografis
Rangkuman
dari setiap materi disajikan menarik secara visual dan dapat diunduh sebagai
bahan untuk belajar.
4.
ruangbelajar for Desktop
Selain
lewat smartphone, ruang guru juga dapat diakses computer.
Beberapa
fitur sudah disebutkan diatas, ada tambahan fitur baru juga didalam nya yaitu
Live Teaching. Live Teaching adalah proses pembelajaran dengan menyiarkan
secara pemaparan dari guru melalui aplikai.
Didalam ruang guru juga
terdapat Smart Recommendation, Ruangguru Adventure, dan Social Learning yang
fungsinya bisa dipahami dengan penjelasan pada dibawah ini :
·
Smart Recommendation
Secara
otomatis mendeteksi kelemahanmu dan merekomendasikan materi belajar yang sesuai
dengan kebutuhanmu. Belajar menjadi jauh lebih efektif dan efisien.
·
Ruangguru Adventure
Untuk
mengumpulkan poin dengan cara menonton video dan mengerjakan soal
sebanyak-banyaknya! Bisa tukarkan poin dengan beragam digital items menarik.
·
Social Learning
Berinteraksi
dan berdiskusi mengenai pelajaran sekolah dengan pengguna lainnya di dalam
aplikasi! Kamu juga bisa berinteraksi dengan guru lewat pengajaran langsung
yang dapat disaksikan di dalam aplikasi.
Tambahan menarik yang ada
di Ruang Guru :
·
Digitalbootcamp -> Belajar intensif
bersama tutor standby melalui grup chat dengan teman belajar se-Indonesia.
·
Ruangles -> Meningkatkan kemampuan
lewat belajar privat dengan guru terbaik di bidang pilihan Ruang Guru.
·
Brain Academy -> Bimbel yang beda,
dengan adanya kombinasi bimbel offline dan online dengan guru terbaik.
·
Ruanglesonline -> Konsultasi via live
chat dengan tutor terbaik yang akan membantu kamu membahas semua soal maupun
pertanyaanmu dalam hitungan menit.
Beberapa
Tampilan Website Ruang Guru
1 Tampilan Home (Halaman Utama) :
Halaman
Promo Bimbel Online :
Halaman
Cara Bayar :
Halaman
Tentang Kami :
Halaman
Produk Kami :
Halaman
Ruang Baca :
Halaman
Bimbel Online :
Halaman
Bantuan :
Halaman
Masuk :
Halaman
Daftar :
Beberapa Kelebihan dari Ruang
Guru, yaitu :
·
Video belajar dengan menggunakan animasi
·
Guru atau tutor yang interaktif
·
Tersedia materi pelajaran yang sesuai
dengan kurikulum terbaru
·
Dapat berinteraksi dengan tutor
berpengalaman via chatting
·
Aplikasinya mudah digunakan di mana pun
dan kapan pun
·
Guru-guru yang berkualitas bisa diakses
secara online
·
Murid juga bisa memberi feedback untuk
cara mengajar dan kinerja aplikasi ini
Penjelasan diatas
merupakan kelebihannya dari Ruang Guru, selain kelebihan Ruang Guru juga pasti
punya kekurangannya, antara lain :
·
Kontennya warna warni ngga fokus colour
brandingnya apa
·
Belum banyak yang tau
·
Aplikasinya lumayan besar sizenya
·
Belum banyak sales agentnya
Sebenarnya aplikasi
ataupun website E-learning masih banyak lagi, jadi tidak hanya Ruang Guru.
Contohnya seperti Quipper, Zenius dan sebagainya. Pemakaian aplikasi atau website ini tergantung dengan sesuaian selera
pemakai, jadi aplikasi tidak dipandang bagus atau jeleknya tetapi nyaman dengan
yang dipakai. Aplikasi atau Website Ruang Guru ini merupakan aplikasi berbayar,
maka dari itu ini digunakan sebagai bisnis perusahaan dalam mencari keuntungan
dengan memanfaatkan teknologi. Itu saja yang bisa saya Analisa ataupun Jelaskan
bila tidak begitu lengkap informasinya bisa mencari tahu diberbagai info
lainnya lagi.
Selamat Membaca dan Terima
kasih sudah membacanya…
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar