PROPOSAL
JUAL KAOS POLOS MENGGUNAKAN BLOG
PEMODELAN
DAN SIMULASI
Disusun oleh :
Aldis
Rachtya 50416514
Ardiano
Vito 51416017
Indra
Wibowo 53416513
M.
Ramadhan A 55416031
Noviyanti
55416512
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2019
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Belanja merupakan kebutuhan bagi setiap orang, entah itu
kebutuhan primer maupun keperluan sekunder. Kalau jaman dahulu orang belanjanya
ke toko atau ke pasar, tapi dalam perkembangannya semua mulai berubah. Sekarang
serba mudah, tak perlu lagi pergi kemana-kamana sekedar untuk memenuhi
kebutuhan. Ya, sekarang orang bisa dengan mudah berbelanja dengan keberadaan
toko online. Di era sekarang ini industri fashion
sangat berkembang pesat di Indonesia. Banyak jenis dan model kaos polos yang
setiap harinya di produksi dengan beragam varian warna menarik serta model kaos
yang bervariatif, sehingga menjadikan kaos polos banyak diminati oleh semua
kalangan. Tampil trendy dengan kaos polos memang menjadi daya tarik sendiri
bagi semua orang saat ini, selain membawa kesan santai dan elegan, Kaos polos
menjadikan seseorang yang menggunakannya nampak casual, rapi serta fashionable.
1.2 Visi
Menjadikan kaos polos menjadi trend fashion dikalangan
Indonesia
1.3 Misi
1. Selalu
berinovasi dengan produk kaos
2. Meningkatkan
kualitas kaos polos
3. Mengutamakan
kualitas dalam pelayanan sehingga konsumen puas
1.4 Tujuan Kegiatan Usaha
1. Mendapatkan keuntungan.
2. Menarik minat konsumen untuk membeli produk yang penulis buat, agar
mencapai target penjualan.
1.5
Maksud Kegiatan Usaha
Dari hal membuka usaha ini penulis bermaksud
ingin menyalurkan ilmu yang penulis miliki yaitu Kemampuan di bidang
fashion, di dunia usaha bentuk dari pengalaman dan menambah wawasan atas
ilmu yang telah penulis ketahuai dan ingin berinovasi dengan produk dalam
negeri sehingga produk kaos tidak akan kalah dalam kualitas dengan kaos-kaos di
jaman yang modern ini.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil
Kaos polos adalah brand dari kegiatan usaha penulis, karena bahan
pembuatannya adalah cotton combed yaitu bahan katun diketahui sangat halus dan
rajutannya pun rapat. Kualitas dari bahan ini membuatnya menjadi nyaman dipakai.
Ada beberapa jenis baju yang dijual dalam blog kaos polos seperti soft-tee,
premium cotton t-shirt, dan long sleeve dengan berbagai size S,M,L,XL
2.2 Strategi
Pasar
Agar rencana mendirikan usaha ini berjalan dengan lancar, upaya yang dilakukan dalam
melakukan strategi pasar antara lain memasarkan produk dalam bentuk blog atau
online kepada costumer.
Segmenting
pasar yang menjadi tolak ukur dalam target bisnis ini adalah dengan menjadikan
konsumen sebagai prioritas , dan mengutamakan kepuasan konsumen sebagai
kualitas utama demi mencapai tujuan, produk yang penyusun buat haruslah menarik
, berkualitas, dan fashionable sesuai dengan kelasnya.
2.2.2 Targeting
Target pasar yang penyusun bidik adalah kalangan remaja terutama
pelajar dan mahasiswa.
2.3 Analisis SWOT
Analisis SWOT dijadikan sebagai sebuah acuan untuk sadar akan sebuah
ukuran kualitas untuk dapat menghadapi persaingan yang terjadi dilapangan.
2.3.1 Strength (Kekuatan)
Rasa
percaya bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas,
karena produk yang penulis buat ini mempunyai kualitas yang cukup
tinggi karena bahan dasarnyaa menggunakan cotton combat yang sangat halus
dan nyaman dipakai.
2.3.2 Weakness (Kelemahan)
1. Hanya menyediakan kaos polos
2. Produk mudah ditiru
2.3.3 Opportunity (Peluang)
Produk yang ditawarkan adalah jenis produk kaos polos
dengan bahan tekstil terbaik dan melalui teknik penjahitan yang rapih sehingga
menciptakan kaos polos dengan kualitas yang paling baik dikelasnya.
2.3.4 Treath (Ancaman)
1. Dapat terjadi tindakan plagiarism di lapangan
2. Adanya oknum yang melakukan penipuan dengan
mengatasnamakan toko
BAB III
MANAJEMEN PRODUKSI , PENAWARAN , DAN
DISTRIBUSI
3.1 Proses Produksi
Kegiatan produksi dapat dilakukan dengan :
1. Mencari sumber daya manusia yang siap membuat barang sesuai dengan
permintaan
2. Melakukan kegiatan diskusi terhadap SDM yang bekerja untuk
bersama-sama dalam mencari keuntungan secara adil dan sehat.
3. Memonitor cara kerja SDM agar selalu tercipta barang yang
berkualitas.
4. Mensortir pembagian produksi baju sesuai dengan ukurannya
5. Melakukan packing barang yang sesuai dengan standar produksi.
3.2 Manajemen Penawaran
Kegiatan manajemen penawaran barang dapat dilakukan dengan :
3.2.1 Menawarkan model
Penawaran model
dilakukan dengan menampilkan berbagai macam pilihan fashion yang tersedia agar
tercipta baju yang bervariasi.
3.2.2 Menyajikan promo dan diskon
Dengan melakukan
penyajian promo , diharapkan dapat menarik hati konsumen untuk melihat produk
yang ditawarkan.
3.3 Proses Distribusi
Kegiatan distribusi dapat dilakukan dengan :
1. Konsumen membuka situs penjualan yang tersedia
2. Konsumen mencari barang yang diinginkan
3. Konsumen menghubungi pihak penjual barang
4. Konsumen mengkonfirmasi pembelian barang
5. Konsumen menunggu pengiriman barang
6. Konsumen menerima barang
BAB VI
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Penyusun menciptakan produk dengan memperhatikan kebutuhan
konsumen , dengan kaos ini diharapkan dapat menciptakan kaos polos yang
berkualitas , rapih , serta tetap tampil fashionable. Baju polos juga jual
dengan harga yang relatif murah sehingga diharpkan dapat menjadi pilihan utama
bagi konsumen yang ingin membelinya.
4.2 Saran
Penyusun
menyarankan agar model baju yang ditawarkan lebih di perbanyak agar produk ini
menjadi lebih bervariasi .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar